Napak Tilas Anak Marcom Baru Jakarta

Yey…hampir 2 tahun, Cempluk dinas di Jakarta (Sept 2013-Now). Hmm.. banyak hal baru yang Mpluk peroleh di Jakarta, pengalaman baru, relasi baru, pemahaman ilmu baru di bidang marketing, maupun ilmu sabar menghadapi kemacetan ibukota yang hampir tiap hari dihadepin. hehehe.. Poin terakhir tentang kemacetan di Jakarta sampe dibikinin slogan loh… #ENJOYJAKARTA. Meski macet, tetep enjoy aja… :)

Tulisan blog Mpluk kali ini sebetulnya ingin menyapa kalian. yups.. Blogger Indonesia… 😀 Kalian pasti rindu akan tulisan si Cempluk…yang lama menghilang dari dunia per-blogger-an. *Gé éR* Kali ini Mpluk ingin sharing pengalaman kerja sebagai Marcom (Marketing Communication) di Jakarta, ngebahas tentang salah satu jobdesk sebagai Marcom di Perusahaan pelat merah Jakarta, yakni : handle pameran / event. Penyelenggara bisa dari Kementerian / BUMN / Pemerintah Daerah / Event Organizer.

BUMN Marketing Day 2014

BUMN Marketing Day, 20-21 Agustus 2014 @JS Luwansa Hotel, Jakarta

Anyway…tau ndak sih? Apa manfaat dari Perusahaan ikut berpartisipasi di sebuah Pameran / Event? Buang-buang duit. Wrong. Salah satu manfaat keikutsertaan Perusahaan di pameran / event:

1. Memperkenalkan produk baru. kalo ditempat Mpluk, karena Perusahaan Jasa so… mengenalkan proyek yang selesai dikerjakan maupun proyek yang sedang dikerjakan kepada pengunjung baik kepada calon Owner potensial, mitra Perusahaan, maupun pengunjung Pameran

2. Memperkuat citra Perusahaan. Semakin kuat citra Perusahaan, semakin yakin calon Owner potensial, mitra Perusahaan untuk sinergi bisnis dengan Perusahaan.

3. Mengumpulkan informasi pesaing di ajang Pameran. Disadari atau tidak, Marcom juga berperan menjadi seorang agen rahasia bagi Perusahaan untuk menghimpun informasi dari kompetitor terkait teknologi yang digunakan, produk baru yang valuable, dsb untuk di report kepada manajemen.

4. Membangun Brand Awareness Perusahaan. Setelah citra Perusahaan kuat, maka calon Owner Potensial / mitra Perusahaan (klien) diharapkan dapat mengingat nama Perusahaan ketika dibutuhkan oleh si Klien (proses recall dan recognition).

Diluar keempat point diatas, based on #OpiniCempluk, ajang Pameran merupakan ajang Silahturahim antar peserta Pameran, kita dapat memanfaatkan momen tersebut bertukar kartu nama, chit chat, maupun menanyakan prospek bisnis baru (baik itu pembicaraan ranah Pekerjaan maupun diluar Pekerjaan). 

Hari Air Dunia 2015

Hari Air Dunia 2015, 9-10 Mei 2015 @Taman Waduk Pluit, Jakarta

Tips Marcom menghadapi keikutsertaan ajang Pameran / Event:

  • Pelajari betul, surat masuk / proposal terkait penawaran keikutsertaan Pameran / Event dari pihak penyenggara.
  • Komunikasikan via telfon dengan Pihak Penyelenggara, terkait hal-hal yang belum kita ketahui. Contoh: biaya sewa lahan per-m2? apakah ada tambahan biaya listrik bila booth kita melebihi ketentuan daya dari pihak Penyelenggara?
  • Tuangkan point-point penting dari proposal Pameran / Event dalam bentuk power point, seperti:  Sapa pihak penyelenggara Pameran? lokasi Pameran dilangsungkan? jadwal pelaksanaan? target peserta Pameran? tawaran paket sponsor? floorplan? Benefit Perusahaan kita apabila mengikuti Pameran? Lalu sampaikan presentasi tersebut kepada atasan kita, bisa ke: Manager / Kepala Divisi terkait agar sama-sama mempelajari dan menindaklanjuti: IKUT / TIDAK.
  • Apabila disetujui oleh atasan. Segera melakukan pembentukan tim Pameran yang beranggotakan tim kantor pusat, maupun gabungan dengan tim anak perusahaan.
  • Lakukan beauty contest Vendor Booth / Kontraktor yang akan membangun special design Booth Perusahaan kita. Perlu diperhatikan! Briefing kepada Vendor Booth perlu dilakukan diawal sebelum undangan Presentasi, agar saat masing-masing Vendor Booth mempresentasikan konsep desain maupun harga memiliki perspektif yang sama dengan harapan kita dan tidak jauh melenceng dari topik Pameran. Tuangkan ide kita untuk desain booth (disesuaikan dengan tema besar Pameran dari Pihak Penyelenggara).
  • Siapkan merchandise + goodie bag yang menarik untuk mendatangkan pengunjung prospek mampir ke Booth Perusahaan kita (grab attention) .
  • Perlengkapan Pameran lain-lain juga harus anda siapkan dengan baik, seperti: buku tamu, kartu nama, company profile, brosur, dll.
  • Saat Pameran / Event berlangsung, jangan lupa lakukan dokumentasi foto sebagai report kepada Manajemen Perusahaan.

Hal wajib yang Marcom lakukan setelah Pameran / Event usai:

  • Melakukan evaluasi Pameran / Event yang telah diikuti sebagai bahan pertimbangan keikutsertaan di tahun berikutnya.
  • Membuat laporan pertanggungjawaban kepada Manajemen Perusahaan (pertanggungjawaban anggaran biaya, penyerahan dokumentasi foto selama acara berlangsung). 

That’s all, Sahabat Cempluk! Napak tilas anak Marcom baru di Jakarta. Mudah-mudahan rindu kalian ke Cempluk terobati… :) 

INDOPORT EXPO 2015

Bersama Wagub Jatim, Indoport Expo 2015, 5-7 Maret 2015 @GrandCity, Surabaya
5 Comments
  • Duta Adijaya
    May 23, 2015

    Mpluk, jangan lupa yooo, kalo pas event butuh suvenir berupa buku notes atau sejenisnya, lewat daku 😛 tak bikinin custom notes

  • Zetta
    May 24, 2015

    terima kasih bagi2 ilmunya mas Andi Bagus.
    ditunggu ilmu2 berikutnyaaa hehe

  • Yunan
    May 25, 2015

    Welcome back mas Cempluk.. Long time no see 😛

  • budiono
    May 25, 2015

    biarpun jadi markcomm di perusahaan gede, namanya tetaplah cempluk, xiixix

  • Arif Ramadhan
    June 3, 2015

    wah mantap banget pengalamannya mas cemplux trus banyak informasi yang bagus untuk anak marketing, kaya saya gini nih hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *